Senin, 29 Mei 2017

MENGASAH BATANGAN BAJA

Seorang murid yang sedang membolos dari sekolah, melihat seorang wanita tua yang tengah mengasah batangan baja. Tampaknya pekerjaan itu amat menarik perhatiannya, mqakqa bertanyalah ia, untuk apa itu dilakukannya.

“Saya mengasah baja ini untuk membuat jarum, dengan itu saya akan dapat menjahit baju.”

“Tetapi batangan baja itu begitu besar, bagaimana ibu dapat mengasahnya hingga menjadi jarum?” kata anak itu dengan heran.

“Tidak peduli,” sahut perempuan tua itu.
“Sekarang aku asah, esok hari aku asah, esoknya akan aku asah lagi. Demikian esok kemudiannya, dan esoknya lagi. Batangan ini akan menjadi makin kecil dan halus. Dan suatu hari pasti akan datang saatnya ia menjadi jarum.”


Anak murid itu diam tersipu. Sejak itu ia tidak pernah membolos dari sekolahnya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar